Friday, 24 January 2014

Contoh Aplikasi STEM, Integrasi Pengajaran Matematika dengan Sains

Mengapa langit berwarna biru ? Di kelas Sains, guru bisa menunjukkan kemungkinan alasan mengapa langit berwarna biru . Sediakan tabung oksigen cair dan tuangkan di atas meja . Cairan kebiruan akan mengalir keluar dan kemudian menghilang . Kemudian bisa bicarakan tentang warna, frekuensi , dan penyerapan, cermin dan pancaran sinar. Bagaimana ilmuwan pernah menemukan hal-hal ini ? Jawabannya: Matematika ! Bagaimana Anda bisa benar-benar mengajarkan Sains tanpa Matematika? Tidak mungkin . Sains adalah aplikasi dari matematika.

Dalam Sains, prinsip-prinsip geometris seperti simetri , refleksi , bentuk bangun, dan struktur terpakai hingga ke tingkat atom. Dalam Sains, keseimbangan aljabar diperlukan dalam formula kimia , rasio pertumbuhan , dan matriks genetika. Dalam Sains, Matematika digunakan untuk menganalisis alam, menemukan rahasianya dan menjelaskan keberadaannya. Sains sangat kompleks dan semakin kompleks setiap hari. Dalam rangka untuk mempelajari , menganalisis dan menafsirkan Sains, diperlukan konsep-konsep matematika.
Di kelas matematika salah satu kebutuhan terbesar adalah relevansi . Mengapa tidak menggunakan Sains untuk mengajar matematika ? Karena salah satu penggunaan terbesar Matematika dalam Sains adalah pengumpulan data dan analisis, itu adalah tempat terbaik untuk memulai . Ketika seorang guru memberikan siswa masalah Sains nyata untuk dipecahkan - salah satu yang membutuhkan konsep-konsep matematika - guru memberikan siswa alasan untuk menggunakan matematika . Matematika kemudian menjadi sesuatu yang berguna , bukan sesuatu yang harus ditakuti .

Mampu mengajar matematika yang lebih baik dan mampu mengajarkan Sains yang lebih baik adalah alasan yang kuat untuk Guru matematika dan Guru IPA berkolaborasi satu sama lain. Menurut sebuah studi kasus yang dilakukan oleh Jennifer Dennis dan Mary John O'Hair , alasan lain bahwa Guru Matematika dan Sains harus bekerja sama adalah bahwa Sains membantu memberikan relevansi kepada Matematika yang terlalu sering berkutat dengan operasi perhitungan abstrak dan terisolasi . Pada akhirnya , seperti laporan penelitian lain, peningkatan pemahaman konseptual siswa akan Matematika dan Sains adalah manfaat terbesar dari kolaborasi guru Matematika dan Sains.

Sayangnya , sekedar mengetahui bahwa peningkatan kolaborasi guru Matematika dan Sains akan menguntungkan siswa dan guru belum cukup . Guru-guru begitu sibuk sehingga sulit mencari waktu untuk berkolaborasi. Lagipula, struktur sekolah menghambat kolaborasi ketika guru matematika dan sains tersebar di sekolah besar. Bagaimana mengatasi hal ini ? Nah , permintaan sederhana kepada kepala sekolah mungkin berguna. Solusi lain adalah bahwa meskipun secara geografis guru Matematika dan Sains bisa saja terpisah, setiap orang memiliki ponsel , SMS , Facebook atau bahkan email yang dapat digunakan untuk kolaborasi .


Apa saja cara Anda bekerja dengan guru mata pelajaran rekan Anda ( matematika atau sains ) untuk membantu siswa memahami matematika dan ilmu pengetahuan yang lebih baik?

No comments:

Post a Comment