Mengapa langit berwarna biru ? Di kelas Sains, guru bisa
menunjukkan kemungkinan alasan mengapa langit berwarna biru . Sediakan tabung
oksigen cair dan tuangkan di atas meja . Cairan kebiruan akan mengalir keluar
dan kemudian menghilang . Kemudian bisa bicarakan tentang warna, frekuensi , dan
penyerapan, cermin dan pancaran sinar. Bagaimana ilmuwan pernah menemukan
hal-hal ini ? Jawabannya: Matematika ! Bagaimana Anda bisa benar-benar mengajarkan
Sains tanpa Matematika? Tidak mungkin . Sains adalah aplikasi dari matematika.
Dalam Sains, prinsip-prinsip geometris seperti simetri ,
refleksi , bentuk bangun, dan struktur terpakai hingga ke tingkat atom. Dalam
Sains, keseimbangan aljabar diperlukan dalam formula kimia , rasio pertumbuhan
, dan matriks genetika. Dalam Sains, Matematika digunakan untuk menganalisis
alam, menemukan rahasianya dan menjelaskan keberadaannya. Sains sangat kompleks
dan semakin kompleks setiap hari. Dalam rangka untuk mempelajari , menganalisis
dan menafsirkan Sains, diperlukan konsep-konsep matematika.
Di kelas matematika salah satu kebutuhan terbesar adalah
relevansi . Mengapa tidak menggunakan Sains untuk mengajar matematika ? Karena
salah satu penggunaan terbesar Matematika dalam Sains adalah pengumpulan data
dan analisis, itu adalah tempat terbaik untuk memulai . Ketika seorang guru
memberikan siswa masalah Sains nyata untuk dipecahkan - salah satu yang membutuhkan konsep-konsep matematika - guru memberikan siswa alasan untuk menggunakan matematika .
Matematika kemudian menjadi sesuatu yang berguna , bukan sesuatu yang harus
ditakuti .
Mampu mengajar matematika yang lebih baik dan mampu mengajarkan
Sains yang lebih baik adalah alasan yang kuat untuk Guru matematika dan Guru IPA
berkolaborasi satu sama lain. Menurut sebuah studi kasus yang dilakukan oleh
Jennifer Dennis dan Mary John O'Hair , alasan lain bahwa Guru Matematika dan Sains harus bekerja sama adalah bahwa Sains membantu memberikan relevansi kepada Matematika yang terlalu sering berkutat dengan operasi perhitungan abstrak dan
terisolasi . Pada akhirnya , seperti laporan penelitian lain, peningkatan pemahaman
konseptual siswa akan Matematika dan Sains adalah manfaat terbesar dari kolaborasi
guru Matematika dan Sains.
Sayangnya , sekedar mengetahui bahwa peningkatan kolaborasi guru Matematika dan Sains akan menguntungkan siswa dan guru belum cukup . Guru-guru begitu sibuk sehingga sulit mencari waktu untuk berkolaborasi. Lagipula,
struktur sekolah menghambat kolaborasi ketika guru matematika dan sains
tersebar di sekolah besar. Bagaimana mengatasi hal ini ? Nah , permintaan
sederhana kepada kepala sekolah mungkin berguna. Solusi lain adalah bahwa meskipun
secara geografis guru Matematika dan Sains bisa saja terpisah, setiap orang memiliki
ponsel , SMS , Facebook atau bahkan email yang dapat digunakan untuk kolaborasi
.
Apa saja cara Anda bekerja dengan guru mata pelajaran rekan
Anda ( matematika atau sains ) untuk membantu siswa memahami matematika dan ilmu
pengetahuan yang lebih baik?
No comments:
Post a Comment