Anda dapat merasakan peningkatan belajar Anda dengan memasukkan
unsur-unsur berikut:
- Dalam buku Stephen Covey, Tujuh Kebiasaan Orang-orang yang Sangat Efektif, kebiasaan keduanya adalah "memulai dengan mempertimbangkan akhirnya". Jadi, identifikasi penghambat-penghambat Anda dan buat rencana untuk menyingkirkan mereka. Berdasarkan pada tujuan yang Anda tetapkan, nyatakan tujuan Anda untuk setiap studi atau sesi kelas. Timbulkan rasa ingin tahu tentang topik di tangan. Anda dapat melakukan ini dengan membuat beberapa pertanyaan liar dan gila. Ini pompa utamanya. Periksa gambaran besarnya. Anda dapat melakukan ini dengan membuat peta ide atau outline bab. Bangun lingkungan belajar yang positif. Pertimbangkan udara, air, suara, cahaya, privasi, dan suhu. Cari info. Tuliskan apa yang sudah Anda ketahui. Meskipun Anda tidak punya banyak kontrol terhadap sesi di kelas, jika Anda siap dengan peta konsep garis besar, Anda akan mampu membuat, bukan hanya mengambil, catatan yang super. Ingat, otak kita secara alami bekerja secara asosiatif, sehingga biasanya otak kita terus mencari link dan koneksi. Peta prinsip membantu ini. Beristirahat kecil secara berkala untuk memaksimalkan prospek supremasi dan kebaruan.
- Praktek, Review berulang yang kompleks dan terintegrasi memerangi lupa dan berarti menetapkan data dalam otak Anda. Satu jadwal review yang disarankan adalah ketika Anda kembali dari berlibur sejenak. Review ini hanya untuk hal utama dan mengambil waktu yang sangat singkat. Kumpulkan kelompok sebaya untuk menguji, meringkas dan parafrase, berlatih dan mempresentasikan, simulasi dan role-play. Kekuatan cara ini adalah bahwa orang-orang yang bekerja sama dengan Anda mungkin mempunyai gaya belajar dan persepsi yang berbeda dari Anda. Jelaskan peta ide Anda kepada orang lain. Berimajinasi dan tanyakan "Bagaimana jika?" dengan memutar balik hal, atau coba melihat sebentar pandangan yang berlawanan dengan Anda sendiri.
- Produksi video atau lagu. Rekam sendiri dengan suara lucu saat Anda membaca catatan pelajaran.
- Jelaskan topik ke rekan-rekan atau adik-adik agar mereka bisa memahaminya.
- Konversikan pelajaran Anda ke game "Masalah".
- Hasilkan sebuah diagram alur.
- Buat kartu flash.
- Buat suatu tes untuk seorang sahabat, dan minta dia atau teman lain melakukan hal yang sama untuk Anda.
- Asosiasikan, nyalakan memori penyimpanan Anda setiap pelajaran selesai, bangun peta ide keseluruhan pelajaran. Anda dapat melakukan ini dengan tim teman sekelas. Tim Anda juga dapat memperdebatkan bagaimana pelajaran bersangkutan bisa dipakai di "dunia nyata".
- Tanyai ulang usaha Anda. Apa yang telah Anda lakukan dengan baik? Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik lagi?
No comments:
Post a Comment